Headlines News :
Home » » Ikan Busuk kok Masih Dijual

Ikan Busuk kok Masih Dijual

Written By M Risman Nugroho on Minggu, 19 Desember 2010 | 18.04

Barang-barang yang sudah kadaluarsa kedapatan masih dijual di beberapa minimarket di Kota Santri. Selain itu, di pasar tradisional, ada pedagang yang masih menjual ikan air tawar atau laut yang sudah membusuk.
Informasi yang berhasil dihimpun Radar hingga Jumat (17/12), inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan oleh tim pemantauan pangan Kabupaten Pekalongan digelar pada Selasa-Rabu (14-15/12). 
Selama dua hari itu, tim yang beraggotakan lintas SKPD, seperti Kantor Ketahanan Pangan (KKP), Dinkop UMKM Indag, Dinkes, Satpol PP, Dislutkan, dan Bagian Perekonomian Setda melakukan sidak di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Kajen, Kecamatan Wiradesa, dan Kecamatan Wonokerto.
Sidak pada akhir tahun ini bertujuan untuk mengetahui secara nyata persediaan barang-barang kebutuhan pokok yang dibutuhkan masyarakat, apakah masih menyukupi atau tidak. Pasalnya, menjelang akhir tahun ada dua perayaan besar, yaitu natal dan tahun baru. 
Selain itu, tim menyidak para pedagang baik di pasar tradisional maupun minimarket yang masih kedapatan menjual barang-barang tidak layak konsumsi, seperti sudah kadaluarsa, kemasannya rusak, atau bahkan hingga membusuk.
Tim menerjunkan dua tim untuk dua kecamatan yang berbeda tersebut. Dalam dua hari tersebut, tim masih menemukan barang-barang yang tidak layak konsumsi. Seperti di sebuah minimarket di Kelurahan Kajen Kecamatan Kajen, tim menemukan di tempat rak barang-barang konsumsi yang sudah kadaluarsa. 
Anggota tim yang mengetahuinya, segera memanggil pemilik minimarket atau penjaga untuk menanyakannya. Setelah diberi pengertian dan himbauan, barang kadaluarsa itu disita oleh tim. 
Begitu juga yang terjadi di sebuah minimarket di Desa Bebel Kecamatan Wiradesa. Anggota tim menemukan barang-barang kadaluarsa yang tidak layak konsumsi. Segera tim menyita barang tersebut.
Sementara di pasar tradisional, anggota tim memeriksa ketersediaan barang terutama sembako untuk memastikan masih menyukupi atau tidak. Tim juga menanyakan harga-harganya, sebagai data masukan.
Namun saat di Pasar Induk Kajen, anggota tim kaget karena di sebuah los penjual ikan, salah satu pedagang menjual ikan  bandeng yang sudah membusuk. Jika dilihat sekilas ikan bandeng oleh pembeli tidak ada masalah.
Tapi setelah memegang dan membau ikan itu, baru akan diketahui jika sudah membusuk. Anggota tim segera menyita dan memberikan pengarahan pada pedagang yang bersangkutan.
Kasi Keamanan dan Penganekaragaman Pangan KKP Kabupaten Pekalongan, Sukisto mengatakan sidak seperti itu rutin dilaksanakan tiap tahun. Selain menjelang lebaran, pada akhir tahun juga dilakukan sidak. 
Sementara dari temuan tim yang masih mendapatkan barang-barang kadaluarsa atau bahkan sudah membusuk. Sukisto menegaskan agar para pedagang tidak lagi melakukannya. Pasalnya jika tetap dilanggar oleh pedagang, pihaknya yang berkoordinasi dengan SKPD terkait tidak segan-segan menindaknya.
"Karena membahayakan konsumen yang membelinya, jadi jangan sampai dijual lagi. Saya himbau juga untuk para konsumen untuk jeli melihat barang-barang sebelum dibeli," ucapnya
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Coretan Si TENGU JUMBO - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template